Menginstal Gradle di Sistem Operasi Windows Linux dan Mac - SukaCode
News Update
Loading...

Senin, 24 Agustus 2020

Menginstal Gradle di Sistem Operasi Windows Linux dan Mac


Gradle merupakan sebuah build-tool yang sering di gunakan untuk membantu mengembangkan aplikasi android, web , dekstop, bot dll. build tool disini artinya melakukan compile dan packaging contohnya mengcompile bahasa pemrograman java dan kotlin. Lalu bagaimana cara mengintaslnya?, nah untuk menginstal gradle mudah saja, namun dalam sistem operasi kalian harus terinstal dulu OpenJDK, untuk menginstal OpenJDK sudah saya berikan tutorialnya di artikel sebelumnya. Berikut panduan instalasi Gradle.

Terdapat dua cara untuk menginstal Gradle bisa manual dan juga menggunakan bantuan SDKMAN untuk menginstal secara manual ikuti cara berikut ini:

  1. Download terlebih dahulu distribusi gradle di web resminya https://gradle.org/releases/ lalu pilih binary-only atau complate.

  2. Setelah di download silahkan ekstrak file tadi di folder yang mudah di jangkau, untuk memudahkan ketika proses Konfigurasi Environment Variable

Menginstal Gradle Menggunakan SDKMAN

Proses instalasi via SDKMAN hanya bisa digunakan di OS Linux dan Mac saja. Dengan bantuan tools ini kita nantinya tidak perlu lagi repot melakukan proses konfigurasi Environment Variable. Berikut langkah langkah instalasi gradle menggunakan SDKMAN:

  1. Buka terminal kemudian jalankan perintah berikut:
    sdk install gradle
    
  2. Tunggu sampai instalasinya selesai dan untuk mengechek versina silahkan gunakan perintah gradle - v.

Konfigurasi Environment Variable Di Windows

Untuk melakukan konfigurasi Environment Variable pada windows sebenarnya sama saja seperti konfigurasi Environment Variable openjdk pada artikel sebelumnya. Buka pengaturan Environment Variables. Pada kolom System Variables pilih variable path kemudian klik Edit. Setelah jendela baru terbuka, Klik tombol New kemudian tambahkan lokasi berkas distribusi Gradle seperti berikut:

Selanjutnya klik OK, selamat proses instalasi gradle berhasil.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done